16 August 2011

Dibalik Sebuah Cobaan

Seperti yang kita semua ketahui, tidak selamanya kehidupan ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan kehendak hati kita. Suatu waktu dimana kita sedang berada diatas, mungkin segala sesuatu nya akan terasa lebih indah dan hidup begitu mudah untuk dijalani. Namun manakala roda kehidupan kita sedang berputar dan berada di bawah, banyak perasaan takut yang berkecamuk dalam hati. Segala sesuatu menjadi terlalu rumit untuk diselesaikan, sekalipun itu adalah sebuah hal sepele.


Namun itu lah jalan kehidupan, kadang roda kehidupan kita berada di atas, dan kadang juga dibawah. Saat dimana kita merasa sedang diatas mungkin nyaris sama sekali tidak ada masalah dalam kehidupan yang kita jalani, segalanya seperti berjalan sesuai dengan yang kita rencanakan, kemana kaki ini melangkah di situ lah tempat yang indah, namun pernah kita mensyukurinya?. Tapi saat sebuah cobaan datang menghampiri kehidupan kita, ada kalanya setiap orang berjalan semakin jauh dari jalan benar. Merasa tidak kuasa untuk menjalani cobaan yang sedang terjadi, banyak orang yang mulai putus asa sehingga mereka tidak lagi merasakan ada sebuah harapan untuk masa depan.

Seperti yang kita telah banyak baca dan dengar, Alloh SWT tidak akan memberikan cobaan kepada hamba nya diluar batas kemampuan dari hamba nya tersebut. Itu mungkin hanya salah saru pegangan yang harus kita yakini diantara beberapa pendapat dan pernyataan tentang sebuah cobaan dan musibah yang sedang dialami oleh manusia. Mungkin cobaan itu adalah sebuah peringatan kepaada kita tentang segala kesalahan yang telah kita lakukan, Alloh masih sayang kepada kita dengan memberikan peringatan tanpa langsung menurunkan azabnya. Dan ada kalanya berbagai musibah yang datang pada kita adalah sebuah cobaan bagi kita sebagai jalan untuk mendapatkan jalan dan rizki-Nya yang lebih baik. Mungkin tanpa kita sadari, kita sering kali lupa terhadap nikmat hidup dan rizki yang diberikan oleh-Nya, dan manakala kita berada mendapat sebuah musibah atau cobaan barulah kita ingat bahwa kita sedang dicoba oleh-Nya.

Sadar atau tidak nya kita terhadap sebuah musibah adalah sebuah hal mutlak dimana takdir kita sebagai manusia, karena hanya Dia lah yang Maha Suci yang tidak pernah lupa dan tidak pernah tidur. Namun bila kita mengingat dan menyadari, sesungguh nya tersimpan banyak makna dan pelajaran yang patut kita renungkan.

Sebuah musibah bisa saja menjadi sebuah peringatan bagi kita, hidup kita sebagai manusia tidak lepas dari yang namanya dosa dan kesalahan. Sadar atau tidak kita melakukan kesalahan tersebut Dia selalu melihat yang kita lakukan, namun Dia yang Maha Penyayang terhadap umat Nya tidak langsung memberikan hukuman secara langsung, tapi lewat sebuah cobaan kita diperingatkan untuk segera menyadari semua kesalahan tersebut.

Dan terkadang sebuah musibah adalah sebuah jalan cobaan bagi kita untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik dari yang saat ini kita dapatkan, bahkan adakala nya sesuatu yang sangat kita inginkan akan kita capai melalui cobaan tersebut. Kita tidak akan mendapatkan sebuah cita cita besar jika hanya dicapai dengan perjuangan kecil, dari sini lah mungkin bisa kita ambil makna bahwa sebuah cobaan yang besar kelak akan memberi manfaat dan pengalaman yang lebih baik bagi kita.

0 komentar:

Post a Comment